Selasa, 18 Agustus 2015

Tips Aman Saat Memulai Body Rafting

Body Rafting Green Canyon

Body rafting merupakan kegiatan mengarungi sungai atau danau mengikuti arus air yang mengalir. Walaupun kegiatan ini mengasyikan namun jika tidak di lengkapi dengan persiapan yang matang, body rafting bisa membahayakan, kecuali jika memang sudah terbiasa dan terlatih untuk melakukan body rafting.

Namun jika body rafting adalah hal yang jarang anda lakukan atau bahkan belum pernah anda lakukan sebelumnya, sangat di sarankan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan body rafting.
Berikut ada beberapa tips sebelum anda melakukan body rafting agar body rafting anda aman dan nyaman.
Body Rafting Green Canyon

  • Pakailah perlengkapan yang telah distandarkan seperti helm, pelampung, sepatu khusus body rafting, dan penahan sikut dan lutut jika di butuhkan.
  • Cek kesehatan anda sendiri. Jika anda sedang menderita suatu penyakit seperti ashma, jantung dan lain sebagainya, disarankan anda tidak mengikuti body rafting karena akan membahayakan keselamatan anda.
  • Usahakan perut anda telah terisi sebelum melakukan body rafting karena body rafting dapat menguras banyak energy. Dan anda akan kesulitan mencari makanan di tengah anda melakukan body rafting.
  • Tidak menggunakan perhiasan atau aksesoris berlebih seperti kalung, gelang, atau cincin. Untuk penggunaan jam tangan jika jam tangan anda berspesifikasi tahan air hingga 10 atm keatas  anda bisa menggunakan jam tangan anda ketika body rafting, namun jika jam tangan anda hanya memiliki ketahanan air dibawah 2 atm saja disarankan anda tidak usah memakai jam tangan.
  • Tidak membawa peralatan elektronik seperti smartphone, tablet dll. Jika anda ingin mengabadikan moment di saat body rafting, disarankan anda membawa kamera yang anti air. Namun jika kamera anda tidak tahan air, tanyakan kepada pemandu anda apakah aman membawa kamera biasa atau tidak. Biasanya pihak pemandu akan menawarkan jasa pembawaan kamera dan foto.
  • Mengikuti peraturan yang ada di tempat anda body rafting. Biasanya sebelum anda melakukan body rafting, pemandu anda akan memberi tahu peraturan-peraturan yang ada di tempat anda melakukan body rafting. Taatilah semua pereturan yang ada termasuk peraturan yang kita anggap sepele seperti tidak berbicara sompral di tempat body rafting.
  • Jangan terpisah dari rombongan. Jagalah jarak anda dari rombongan. Agar anda dan teman-teman anda bisa saling memantau satu sama lain.
  • Jangan terlalu bersemangat sehingga anda mengabaikan keselamatan anda. Jagalah diri anda baik-baik dan berhati-hatilah ketika anda melakukan body rafting. Jangan merasa so jagoan walaupun anda memang jago berenang. Karena body rafting berbeda dengan ketika kita berenang di kolam renang apalagi ketika arus sedang deras. Ini bisa membahayakan nyawa anda.

Itulah beberapa tips dari saya agar anda terhindar dari kecelakaan saat body rafting. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.
Selamat melakukan body rafting. Semoga anda terhindar dari bahaya dan body rafting anda mengasyikan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar