Rabu, 08 Mei 2013

Cara Membuka Data Flashdisk Menggunakan Android

Membuka Data Flashdisk Menggunakan Perangkat Android





Membaca atau membuka isi data flashdisk pada PC atau Laptop sudah biasa. Lalu apakah bisa membaca data flashdisk secara mobile pada smartphone? jawabanya adalah bisa. Pada artikel kali ini, saya akan coba membahas cara bagaimana menghubungkan atau membaca flashdisk menggunakan smartphone berbasis android tentunya.

Sebelum mulai ke tata cara berikut adalah syarat-syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu:
1. Smartphone atau tablet bersistem oprasi android yang telah di Root terlebih dahulu.
2. Kabel USB OTG (On The Go). Anda bisa membelinya secara online ataupun langsung ke toko-toko terdekat. Harganya cukup terjangkau kisaran 10-20 ribu rupiah. Berikut adalah wujud dari kabel USB OTG
3. USB Flashdisk berkapasitas berapa saja sesuai yang anda inginkan.

Catatan: Untuk melakukan ini, smartphone android anda wajib di Root terlebih dahulu

Setelah semua siap, berikut adalah cara-cara nya:

  1. Jika pada smartphone anda belum terinstal file manager (apapun nama file managernya) maka anda harus menginstal file manager terlebih dahulu. anda bisa mendapatkannya di play store secara geratis.
  2. Instal aplikasi stick mount yang tersedia di play store pada smartphone anda.
  3. Hubungkan flashdisk pada kabel USB OTG dengan smartphone anda.
  4.  Jika muncul permissions superuser klik Allow.
  5. Tunggu beberapa saat, pada aplikasi stick mount, tap tombol mount, kemudian perhatikan flashdisk anda terbaca pada file direktori apa.
  6. Buka file direktori tersebut menggunakan file manager yang telah terinstal.
  7. Jika sudah, untuk melespaskan kembali flashdisk anda, sebelumnya anda harus unmount flashdisk anda terlebih dahulu pada aplikasi stickmount.
  8. Selesai. Silahkan cabut flashdisk pada android anda.
Dengan Seperti ini, anda bisa dengan mudah mengcopy data dari flashdisk ke gadget atau sebaliknya kapanpun dan dimanapun ketimbang anda membawa laptop kemana-mana atau mencari komputer PC padahal hanya akan melakukan transfer data pada flashdisk.

Kabel USB OTG sebetulnya tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan flashdisk dengan gadget namun dapat juga digunakan untuk menghubungkan gadget dengan USB mouse, Keyboard, Joystick dll. Kini gadget anda tak ubahnya seperti komputer PC atau Laptop sekalipun.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar