Minggu, 18 November 2012

Tips Praktis Merawat Laptop Agar Lebih Awet



Tips Praktis Merawat Laptop

Merawat produk dengan tingkat kecepatan tinggi seperti laptop tentunya membutuhkan kedislipinan. Jika langkah perawatan dilakukan dengan tepat, laptop kita akan bertahan lama dan terawat. Sebaliknya jika laptop diperlakukan seenaknya daya tahan tentu akan berbeda dengan yang di rawat secara teratur.
Karena itu perawatan dan pemeliharaan laptop harus menjadi perhatian, khususnya jika laptop sering di bawa berpergian. 
Berikut saya berikan beberapa langkah praktis yang bisa anda coba untuk merawat laptop anda.

1. Merawat chasing laptop
Chasing merupakan bagian dari laptop yang berhububgan langsung dengan dunia luar (debu, uap air, suhu). Karena itu bersihkan chasing laptop anda secara teratur dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit detergent (disarankan menggunakan mild soap seperti shampo, sabun mandi dll). Sebaiknya jangan menggunakan deterjent yang mengandung zat alkalin dan gunakanlah lap khusus yang bisa anda dapatkan di toko-toko komputer.
Agar chasing tampak selalu baru, hindari menggores chasing dengan benda tajam atau menuangkan cairan seperti lem, cat ke atasnya. Jika anda hendak berpergian, gunakanlah tas atau wadah khusus laptop yang telah disediakan atau anda dapat membelinya sendiri.

2. Merawat Layar
Kebanyakan laptop menggunakan layar LCD (liquid crystal display) atau layar kristal cair. Seperti namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal untuk menghasilkan gambar. Karena tipis atau rapuh, jagalah layar tersebut agar tidak terkena benda-benda tajam khususnya yang bisa menimbulkan lubang atau goresan pada layar.
Untuk membersihkan layar, kain lembut yang kering, ingatlah untuk tidak menekan layar terlalu keras saat membersihkannya. Bersihkan layar hanya dengan satu arah, misal dari atas kebawah atau dari kiri ke kanan.
Sebaiknya gunakan lah anti gores pada layar laptop anda.

3. Merawat Batrai
Mungkin anda betanya-tanya, kenapa batrai harus dirawat?. Jawabanya karena kerusakan yang paling umum dan sering terjadi pada laptop adalah pada batrainya yang drop setelah kurang lebih satu tahun pemakaian. Padahal harga sebuah batrai bisa mencapai ratusan ribu. Kalau anda bisa merawat batrai laptop anda, mengapa tidak. Berikut adalah cara merawat batrai laptop secara umum.
  • Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel batrai harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya batrai laptop anda sebanyak 3x berturut2. Hal ini juga berlaku untuk batrai yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beberapa bulan.
  • Jika anda menggunakan batrai Nikel Metal Hydrida (Ni-MH) cobalah untuk mengosongkan batrai anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (seminggu atau sebulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modushibernasi atau indikator batrainya menunjukan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter laptop anda dan mengisi batrai hingga indikator menunnjukkan 100%.
  • Jika berancana menyimpan laptop anda dengan jangka waktu yang lama, lepaskanlah batrai dari laptop dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering (gunakanlah silicon gel jika ada) dan simpan di tempat yang bersirkulasi udara dengan baik.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar