Selasa, 07 Mei 2013

Tips Memaksimalkan Fitur Google Now


Tips Memaksimalkan Fitur Google Now


Tak mau kalah dari Apple yang menawarkan fitur asisten pribadi SIRI yang pertama kali di sematkan pada iPhone 4S, Google pun meluncurkan fitur yang mirip Siri bernama Google Now. Fitur ini akan memberi jawaban atas segala pertanyaan dan perintah yang dilontarkan penggunanya.

Seperti SIRI, fitur ini harus terkoneksi dengan internet untuk mencari jawaban yang Anda lontarkan. Sebagai contoh, ketika saya  bertanya: "Who is President of Indonesia?"

Google Now menjawab: "Susilo Bambang Yudhoyono" dan menampikan foto nya seprti ini


Walaupun fitur ini mirip sekali dengan SIRI milik Apple, namun menurut saya fitur ini jauh lebih baik dari SIRI. Oleh karena itu, Google Now pun telah hadir pada Iphone dan Ipad namun sampai artikel ini di catat,  belum tersedia untuk pengguna di Indonesia. Google Now sendiri adalah aplikasi bawaan dari sistem oprasi android Jelly Bean.

Saat peluncurannya Google mengonfirmasi bahwa sistem operasi Jelly Bean akan disematkan pertama kali pada smartphone LG Nexus 4, Google Nexus S, Samsung Galaxy Nexus, tablet nexus 7 dan tablet Motorola Xoom. Kelimanya sudah diluncurkan pada pertengahan Juli 2012 lalu dan sekarang sudah banyak jenis smartphone maupun tablet android yang menggunakan  sistem operasi Jelly Bean.

Tidak hanya urusan mencari informasi, Google Now juga bisa di gunakan untuk menseting alarm, menelfon teman, mencari lokasi restoran terdekat, mencari jalan pulang terdekat, mengetur jadwal dll. 

Namun sebelum anda menggunakan Google Now, terlebih dahulu anda harus mengatur setingan cards (katu-kartu) yang terdapat pada Google Now agar Google Now yang ada di Gadget anda maksimal.

Ada banyak Card yang terdapat pada Google Now, seperti trafic, public transit, sport, flight, time to home dll. Anda harus menseting terlebih dahulu card yang anda butuhkan. Sebagai contoh, jika anda ingin selalu up to date dengan jadwal atau score sepak bola, maka anda harus menseting sport card yang ada dengan menambahkan club-club mana saja yang ingin anda sematkan.

Caranya, masuk ke fitur Google Now dengan menekan tombol home pada gadget anda kemudian swipe ke atas seperti gambar berikut

atau dengan cara menekan icon Google pada bagian atas layar kemudian masuk ke menu show semple cards. Akan muncul seperti gambar berikut

Setelah masuk menu berikut, anda tinggal setting card yang ada sesuai dengan yang anda inginkan dengan cara  menekan tulisan settings.

Setelah anda mengatur card pada Google Now dengan data anda, secara otomatis Google Now akan menampilkan informasi yang relevan terkait data anda. Sebagai contoh ketika saya telah menseting sport card dengan club-club sepakbola favorite saya maka ketika saya masuk ke fitur Google Now, terlihat Informasi jadwal pertandingan seperti berikut

Menarik bukan? 
Jika anda ingin melakukan command voice, anda tinggal mengatakan "Google" setelah masuk fitur Google Now. atau tinggal menekan icon mic pada layar bagian atas. 
Katakanlah sesuatu maka Google Now akan menjawab dengan cerdas, cepat dan akurat baik melalui suara maupun tampilan web.
Anda juga bisa menambahkan widget Google Now pada gadget anda seperti gambar berikut


Google Now mampu menjawab pertanyaan, memberikan informasi hingga rekomendasi, melakukan sesuatu di web sesuai permintaan, dan juga memprediksi apa yang kita inginkan.

Dalam wujud realnya, Google Now mampu memberikan informasi (dalam wujud kartu-kartu seperti gambar di atas) tentang tiket terbang, tracking paket yang kita kirimkan, bursa saham, jadwal pertandingan olahraga, informasi lalu lintas, cuaca, jadwal meeting, dan banyak lagi lainnya.

Ambil contoh Anda sedang berada di suatu tempat, anggap saja Banjaran, dan punya jadwal meeting dengan klien di Jl. Bukit Jarian, Bandung. Sejak beberapa menit sebelum waktu meeting, Google Now akan menghadirkan informasi bahwa Anda memiliki jadwal meeting di tempat tersebut serta mengabarkan berapa lama waktu tempuh perjalanan dengan kondisi lalu lintas yang ada saat itu.

Jika jalanan cukup lancar Anda masih bisa bersantai sebelum berangkat. Dan jika lalu lintas padat, Anda bisa segera bergegas untuk menghindari keterlambatan sampai tujuan.

Contoh lainnya adalah ketika berada di luar negeri. Informasi lalu lintas di negara tujuan akan diberikan tanpa diminta berikut informasi mata uang, cuaca, bahasa, waktu setempat dan tak lupa rekomendasi tempat menarik terdekat. Semuanya ada di satu tempat dan datang secara otomatis.

Dengan seperti ini, gadget anda akan seperti asisten atau sekertaris pribadi anda, gadget anda pun dapat anda gunakan dengan maksimal dan tentu saja hidup menjadi lebih mudah dengan kecanggihan teknologi saat ini.



Artikel Terkait:

4 komentar :

  1. gan ane dah setting card, tp ga muncul ya? ane baru upgrade (resmi) galaxy tab 2.7. dan google search ga "ngomong" gtu gan?

    BalasHapus
  2. hai riva..
    coba lihat di settingan output nya.. pastikan di set dalam bahasa inggris. karna google now belum support dgn bahasa indonesia..

    BalasHapus
  3. Gan kok yang keluar internet padahal gw bilang "set alarm for 6 am" tolong gimana biar bisa setel alarm dgn Voice ?

    BalasHapus
  4. coba ganti dengan kata yg lain. contoh: "wake me up at six a.m" :)

    BalasHapus